Powered by Blogger.
Header 468x60 Ads

Saturday, January 14, 2017

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh



Indonesia sebagai negara tropis tentunya kaya akan berbagai macam tumbuhan serta pepohonan, banyak berbagai tanaman atau pohon yang dapat kita manfaatkan daunnya sebagai obat ataupun sumber makanan yang bergizi tinggi,salah satunya adalah daun kelor. pohon kelor yang banyak tumbuh di Indonesia ternyata daunnya memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan zat ber manfaat bagi tubuh kita.

Daun kelor selain dapat dikonsumsi dengan dimasak, dapat juga dibuat sebagai minuman teh yang kini dapat kita temui secara mudah di toko - toko obat. Daun kelor jika dibuat menjadi teh, akan meiliki kandungan polyphenol yang tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan tubuh sebagai anti oksidan, sehingga tubuh akan dapat mendetoksifikasi racun dengan baik. Selain itu dengan mengkonsumsi teh daun kelor akan dapat menjaga kesehatan kulit.

Daun kelor juga dapat dimanfaatkan sebagai ramuan pelangsing dan menjaga tubuh tetap ramping, dimana beberapa studi menunjukkan bahwa teh yang terbuat dari daun kelor akan membantu mengatasi masalah pencernaan, sehingga akan merangsang metabolisme untuk mempercepat tubuh dalam membakar kalori. Secangkir teh daun kelor juga akan menyediakan cukup energi di dalam beraktivitas dan merupakan sumber energi yang baik.

Selain bermanfaat bagi pencernaan, teh daun kelor juga dapat membantu memelihara otak dan kesehatan mata karena mengandung potassium 3 kali lebih banyak daripada pisang dalam ukuran yang sama. selain itu kandungan vitamin A daun kelor 4 kali lebih banyak daripada wortel sehingga sangat baik dalam menjaga kesehatan mata.

Manfaat daun kelor juga akan dirasakan ginjal dan hati, ini dikarenakan polyfenol pada daun kelor memperlancar pencernaan, sehingga aktivitas BAB menjadi lancar dan tunpukan racun dalam pencernaan akan berkurang, sehingga kinerja ginjal dan hati akan lebih ringan. Kandungan vitamin C dalam daun kelor disebut lebih tinggi daripada jeruk, sehingga akan meningkatkan kekebalan tubuh , dan menyehatkan rambut serta kulit.

Selain itu kandungan kalsium pada daun kelor 4 kali lebih banyak dibandingkan dengan susu dalam berat yang sama, sehingga daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai sumber kalsium untuk membangun tulang dan gigi yang kuat dan juga untuk mencegah osteoporosis. daun kelor juga dapat meningkatkan gizi para ibu yang sedang menyusui atau hamil karena dapat meningkat kan kandungan kalsium dalam Asi yang dikonsumsi anak.Bahkan di afrika daun kelor digunakan sebagai obat untuk penyakit diabetes dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Dengan banyaknya manfaat yang terkandung dalam daun kelor, beberapa peneliti bahkan menyebut daun kelor sebagai superfood dikarenakan kandungan vitamin yang komplit dan tinggi di dalam 1 jenis makanan. hal ini tentunya sebuah potensi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh, danjuga daun kelor bisa dikembangkan sebagai obat alternatif dimasa yang akan datang.

berikut bagan kandungan vitamin daun kelor jika dibandingkan bahan pangan lainnya :