Powered by Blogger.
Header 468x60 Ads

Sunday, May 14, 2023

Mengenal Autofagi, Detoks yang yang bermanfaat bagi tubuh kita

 


Apa itu autofagi? mungkin sebagian dari kita masih asing dengan istilah tersebut. dilansir dari situs Alodokter.com, autofagi merupakan sebuah mekanisme alami di dalam tubuh kita yang dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas kesehatan kita. untuk lebih jelasnya mari kita pelajari lebih lanjut mengenai autofagi.

Autofagi adalah proses yang alami di dalam tubuh kita untul memakan sel sel kita yang telah rusak dan sudah tidak berfungsi lagi, kemudian menggantinya dengan sel sel tubuh yang baru dan bagus, sehingga tubuh kita akan lebih sehat dan bugar, kemampuan tubuh dalam melawan suatu penyakit menjadi lebih baik. Selain itu organ organ tubuh manusia menjadi lebih bugar dan prima.

Berikut Beberapa Manfaat dari Proses Autofagi

Proses autofagi yang menghasilkan sel sel baru dalam tubuh kita memberikan berbagai manfaat, di antaranya :

  • Menurunkan risiko terjadinya kanker dan diabetes tipe 2
  • Membantu meningkatkan fungsi otak dalam mengingat, memproses informasi, dan menentukan keputusan
  • Mencegah keparahan penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Membantu meningkatkan kesehatan jantung
  • Meningkatkan proses pembentukan energi
Menelaah lebih dalam Proses dari Autofagi
Didalam tubuh kita terdapat trilliunan sel sel dengan berbagai mancamnya. Seiring dengan waktu dan bertambahnya usia seseorang, sel sel tubuh kita mengalami kerusakan dan juga melemahnya fungsi dari sel tersebut. Banyak hal yang menyebabkan kerusakan tersebut, diantaranya adalah bertambahnya usia, pola makan, pola hidup dan juga lingkungan.

Jika sel sel rusak tersebut di biarkan tumbuh dan berkembang tak terkendali tentunya akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan penyakit. Proses autofagi yang dilakukan seseorang seperti menekan tombol "reset" sehingga tubuh akan melakukan detoks dan membuang sel sel rusak dan meregenerasinya dengan sel sel yang baru.

Autofagi bisa juga terjadi secara alamiah tanpa di rencanakan oleh seseorang. salah satunya adalah jika seseorang melakukan ibadah puasa, dimana jika tubuh kita tidak memperoleh asupan kalori dalam waktu tertentu, sel sel tubuh akan menjadi kelaparan, di saat inilah proses autofagi dilaksanakan, yaitu tubuh akan menghancurkan sel sel yang sudah rusak dan menggantinya dengan yang baru.

Saat autofgi aktif dengan berpuasa dan menjadikan tubuh kita berada dalam fase kitosis, biasanya akan muncul beberapa gejala tertentu, seperti turunnya nafsu makan, munculnya bau keton, rasa lelah dan berat badan yang turun akibat lemak tubuh yang terpecah.

Sumber : Autofagi, Proses Detoks Tubuh yang Bermanfaat bagi Kesehatan - Alodokter